Rabu, 13 Januari 2016

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

MEA merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara antara negara-negara anggota ASEAN. Para anggota ASEAN termasuk Indonesia telah menyepakati suatu perjanjian Masyarakat Ekonomi Asean tersebut. MEA adalah istilah yang hadir dalam Indonesia tapi pada dasarnya MEA itu sama saja dengan AEC atau ASEAN ECONOMIC COMMUNITY.
Awal mula MEA berawal pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dilaksanakan di Kuala Lumpur pada tahun 1997 dimana para pemimpin ASEAN akhirnya memutuskan untuk melakukan pengubahan ASEAN dengan menjadi suatu kawasan makmur, stabil dan sangat bersaing dalam dalam perkembangan ekonomi yang berlaku adil dan dapat mengurangi kesenjangan dan kemiskinan.

Kemudian dilanjutkan pada KTT bali yang terjadi pada bulan oktober pada tahun 2003, para pemimpin ASEAN mengeluarkan pernyataan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA akan menjadi sebuah tujuan dari perilaku integrasi ekonomi regional ditahun 2020, ASEAN SECURITY COMMUNITY dan beberapa komunitas sosial budaya ASEAN merupakan dua pilar yang tidak bisa terpisahkan dari komunitas ASEAN. Seluruh pihak diharapkan agar dapat bekerja sama secara kuat didalam membangun komunitas ASEAN di tahun 2020.

Lebih dari satu dekade lalu, para peminpin Asean sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015.

Ini dilakukan agar daya saing ASEAN meningkat serta bisa menyaingi Cina dan India untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.

Pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan suatu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Bentuk Kerjasama:
APEC
Atau singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau kerjasama Ekonomi Asia Pasifik, adalah forum ekonomi 21 negara di lingkar pasifik yang bertujuan untuk mengukuhkan pertumbuhan ekonomi, mempererat komunitas dan mendorong perdagangan bebas diseluruh kawasan Asia Pasifik. APEC didirikan padaa 1989 sebagai tanggapan terhadap pertumbuhan interdependensi ekonomi negara-negara Asia Passifik dan lahirnya blok perdagangan lain di bagian-bagian dunia. Ketakutan akan Jepang mendominasi kegiatan ekonomi di kawasan Asia pasifik, dan untuk mendirikan pasar baru untuk produk agrikultural dan bahan mentah di luar eropa.

Rapat tahunan APEC dihadiri oleh kepala pemerintahan dari seluruh anggota APEC kecuali Taiwan (yang diwakilkaj oleh pejabat level mentri yang dinamai Tionghoa Taipei sebagai kepala ekonomi). Lokasi rapat dirotasi tiap tahun di antara negara anggota, dan sebagai tradisi yang diikuti oleh hampir semua pertemuan, setiap kepala pemerintahan mengenakan pakaian tradisional negara tuan rumah

referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masyarakat_Ekonomi_ASEAN
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kerja_Sama_Ekonomi_Asia_Pasifik
http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2014/08/140826_pasar_tenaga_kerja_aec
http://pengertian.website/pengertian-mea-dan-ciri-ciri-masyarakat-ekonomi-asean/