Analisa SWOT adalah metode perencanaan strategis
yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu
spekulasi bisnis. Ke empat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan
yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor
internal dan eksternal yang mendukung dan tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Analisa SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah kentungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Itulah keterikatan pada analisis SWOT. Teknik
tersebut dibuat oleh Albert Humphrey yang
memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dawarsa 1960 dan 1970-an
dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Contoh akan saya berikan Analisis SWOT pada
perusahaan.
Inti dari analisis SWOT ini adalah menilai dalam/internal perusahaan dengan
melihat kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses), kemudian menilai
luar/eksternal perusahaan dengan melihat peluang (opportunities) dan ancaman
(threats)
Contoh akan saya kasih Analisis SWOT pada perusahaan
NOKIA:
1. Strengths
(Kekuatan)
·
Pengalaman
Bagaimana tidak, NOKIA masuk dunia mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncurkan ponsel GSM dengan produk Nokia 1011
Bagaimana tidak, NOKIA masuk dunia mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncurkan ponsel GSM dengan produk Nokia 1011
·
Jaringan Terbesar Penjualan &
Distribusi
Nokia merupakan Brand yang telah melekat di hati para konsumen dan merupakan perintis ponsel yang saat ini sangat dibutuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja kekuatannya terletak pada terbesar penjualan dan distribusinya.
Nokia merupakan Brand yang telah melekat di hati para konsumen dan merupakan perintis ponsel yang saat ini sangat dibutuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja kekuatannya terletak pada terbesar penjualan dan distribusinya.
·
Hubungan Pelanggan yang Kuat
Bicara Brand Nokia maka hampir seluruh dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang loyal serta setia pasti susah untuk pindah ke lain produk.
Bicara Brand Nokia maka hampir seluruh dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang loyal serta setia pasti susah untuk pindah ke lain produk.
·
Berbagai macam Produk untuk semua kelas
Tidak hanya sebatas hubungan pelanggan yang kuat, okia juga memanjakan konsumennya dengan berbagai produk yang sesuai kelas.
Tidak hanya sebatas hubungan pelanggan yang kuat, okia juga memanjakan konsumennya dengan berbagai produk yang sesuai kelas.
2. Weaknesses (Kelemahan)
·
Kurang gaya dalam Produk Murah
Memang sudah wajar, harga menentukan sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini menjadi kelemahan yang mana produk China dapat membuat replika dengan gaya eksklusif tetapi tetap dengan harga yang sangat murah
Memang sudah wajar, harga menentukan sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini menjadi kelemahan yang mana produk China dapat membuat replika dengan gaya eksklusif tetapi tetap dengan harga yang sangat murah
·
Kehilangan Pangsa Pasar
Untuk saat ini Nokia memang telah kehilangan pasarnya setelah OS Symbian tidak lagi update, lalu di akusisi oleh Microsoft dengan OS Windows Phone.
Untuk saat ini Nokia memang telah kehilangan pasarnya setelah OS Symbian tidak lagi update, lalu di akusisi oleh Microsoft dengan OS Windows Phone.
3. Opportunities (kesempatan)
·
Pertumbuhan Pasar Baru
Dengan pertumbuhan pasar/trend baru, yaitu Handphone berbasis Smartphone maka ini menjadi suatu peluang untuk berkonstrasi pada meningkatkan kualitas smartphone.
Dengan pertumbuhan pasar/trend baru, yaitu Handphone berbasis Smartphone maka ini menjadi suatu peluang untuk berkonstrasi pada meningkatkan kualitas smartphone.
4. Threats (Ancaman)
·
Ponsel China
Ponsel china merupakan suatu ancaman yag sangat serius bagi Nokia, karena dengan fitur yang terbilang hampir sama, mereka berani menjual denngan harga murah dan ini pun menjadi sebuah perang harga.
Ponsel china merupakan suatu ancaman yag sangat serius bagi Nokia, karena dengan fitur yang terbilang hampir sama, mereka berani menjual denngan harga murah dan ini pun menjadi sebuah perang harga.
·
Pesaing seperti Apple
dan Samsung Dari tahun 2000 an – 2010 Nokia memang tiada tandingannya dalam hal ponsel,
karena memang memberikan setiap kebutuhan para konsumen, akan tetapi mulai
tahun 2012 para pesaing Nokia (khususnya Apple dan Samsung) mulai melejit, berikut
statistik penjualannya :
Kesimpulan
Setelah menganalisis semua faktor, langkah selantunya adalah bagaimana
memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses),
memanfaatkan peluang (opportunities) dan menangkal semua ancaman (threats) yang
datang.
Semoga penjelasan contoh analisis SWOT diatas dapat memberikan gambaran
mengenai analisis SWOT secara keseluruhan.